Cara Mudah Mencetak Buku Satuan (Print on Demand)

Minggu, 21 Desember 2014 - Diposting oleh Boneka Lilin di 19.47
- Pembuka
Assalamu’alaikum. Perkenalkan, kami merupakan divisi baru di bawah naungan CV. Harfeey. Jika sebelumnya kami hanya menerima jasa penerbitan buku indie, maka pada divisi ini kami juga menerima jasa percetakan buku satuan. Perlu diinfokan, kami hanya menerima jasa cetak buku yang sudah fix/siap cetak dan tidak menerima jasa penjualan ISBN (tidak diperkenankan oleh pihak Perpustakaan Nasional bagian ISBN). Jangan khawatir, buku tanpa ISBN tidak menjadikan statusnya illegal karena nomor ISBN tidak ada hubungannya dengan badan hukum, kecuali jika ada orang yang memalsukan nomor ISBN untuk tujuan yang sebetulnya tidak perlu. Jika buku hanya akan dijual secara online atau dengan kata lain tidak dijual di toko-toko buku besar yang memerlukan alat pemindai di mesin kasirnya, maka ISBN tidak begitu perlu. Karena salah satu fungsi utama dari nomor ISBN adalah barcode-nya yang nanti bisa dipindai untuk mengetahui identitas buku yang akan dibeli tersebut. So, menerbitkan buku secara mandiri tanpa ISBN? Why not! Bukumu tetap legal dan halal untuk dicetak dan dijual kok. Sementara bagi yang ingin menerbitkan buku dengan jasa desain cover, edit, layout, dll, silakan menghubungi divisi penerbitan kami yang memiliki tarif terjangkau dengan kualitas baik. :)

- Metode Cetak
Terdapat 2 tarif cetak buku di Harfeey, satuan dan paketan. Untuk tarif cetak satuan, silakan menghubungi langsung CP kami untuk informasi lengkap mengenai perhitungan tarifnya. Untuk tarif cetak paketan, kami menerima cetak minimal 100 buku dengan judul yang boleh campur/lebih dari satu. Dengan kata lain, dalam 100 buku itu boleh terdapat lebih dari 1 judul buku dengan jumlah halaman yang tidak terbatas. Misal, buku judul A dengan jumlah halaman 150 dicetak sebanyak 10 buku, judul B 120 halaman sebanyak 50 buku, dst sampai minimal 100 buku. Asalkan ukuran bukunya sama (maksimal A5). Untuk tarifnya pun cukup terjangkau karena hitungannya perhalaman.

- Spesifikasi Cetak
1. Jenis kertas cover ivory 260 gr
2. Laminasi cover glossy/doff
3. Kertas isi bookpaper (atau HVS) 70 gr
4. Binding/jilid lem panas
5. Wraping dengan plastik wrap tebal
6. Ukuran buku maksimal A5
7. Estimasi cetak 5-14 hari kerja (tergantung antrian)

- Tarif Cetak
a. Cetak 100 - 200 eksemplar
1. Cover + finishing (binding & wraping) : Rp6.000,-/eksemplar
2. Isi : Rp60,-/halaman

b. Cetak 201 - 300 eksemplar
1. Cover + finishing (binding & wraping): Rp5.800,-/eksemplar
2. Isi: Rp58,-/halaman

c. Cetak 301 - 400 eksemplar
1. Cover + finishing (binding & wraping): Rp5.500,-/eksemplar
2. Isi: Rp55,-/halaman

d. Cetak 401 - 500 eksemplar
1. Cover + finishing (binding & wraping): Rp5.000,-/eksemplar
2. Isi: Rp50,-/halaman

e. Cetak >501 eksemplar
1. Bisa nego langsung! :)

- Fasilitas Penunjang
a. Jasa Bungkus dan Kirim Paket
Bagi pelanggan yang sudah menyelenggarakan pre order buku sebelumnya, kami juga menyediakan jasa bungkus dan kirim paket ke seluruh alamat pengorder tanpa batasan jumlah. Manfaat dari fasilitas ini antara lain:
1. Menghemat biaya, waktu, dan tenaga bagi pelanggan yang mencetak buku di kami karena semua proses pembungkusan hingga pengiriman paket buku-buku orderan ke ekspedisi kami yang lakukan.
2. Tarif ongkos kirim dari Jogja relatif lebih murah dibanding tempat lain, sehingga tidak begitu memberatkan bagi para pengorder buku.
3. Pembungkus paket menggunakan kertas dan lakban dengan nama pengirim yang tertera adalah nama pelanggan yang mencetak buku di kami.
4. Untuk jasa bungkus dan kirim paket ini kami kenakan tarif Rp50.000,- saja persekali periode pengiriman (berapa pun jumlah paket pre order yang dibungkus dan dikirim). Tarif tersebut sudah mencakup biaya kertas pembungkus, lakban, tinta, jasa bungkus, dan jasa kirim. Namun jika sudah selesai kirim untuk pesanan pre order, kami tidak menerima jasa dropship. Dengan kata lain, jika masih ada, sisa buku akan dikirim ke alamat pelanggan dengan ongkos kirim ditanggung oleh pelanggan (boleh menggunakan ekspedisi apa pun yang sekiranya dianggap paling terjangkau).

b. Jasa Desain Cover
Bagi pelanggan yang ingin mencetak buku namun terkendala dengan ketidak-mahiran dalam pembuatan desain cover-nya, kami pun menerima jasa desain dengan harga terjangkau namun tetap berkualitas bagus (contohnya bisa dilihat dari seluruh desain cover buku-buku terbitan Penerbit Harfeey). Khusus bagi pelanggan yang mencetak buku dengan sistim satuan (di bawah 100 eksemplar), tarif desainnya Rp100.000,-. Sementara bagi pelanggan yang mencetak buku dengan sistim paketan (di atas 100 eksemplar), tarif desainnya Rp50.000,- saja. Sedangkan bagi pelanggan yang mencetak buku minimal 300 eksemplar, kami gratiskan desain cover untuk satu judul buku. :)

- Contac Person
SMS/WA: 087773000454
BBM: 7D0FCF1D
FB: Percetakan Buku Harfeey
E-mail: mochamadharirie@yahoo.com

- Penutup
Demikin penawaran dari kami. Jika berminat, sangat dipersilakan untuk segera menghubungi salah satu CP kami dengan menginfokan jumlah halaman buku dan jumlah buku yang ingin dicetak.
Contoh: Kami ingin mencetak buku dengan Judul “Pelangi” (200 hlm) dan “Hujan” (150 hlm) masing-masing 50 eksemplar.
Setelah itu, kami akan menginfokan total tarif yang harus ditransferkan minimal 60%-nya dan dilunasi setelah buku selesai dicetak/siap kirim ke alamat pelanggan. Sekian, wassalamu’alaikum. :)

CV. Harfeey Divisi Percetakan
M. Haririe
(Penanggung Jawab)